Kasedata.id – Upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik mendapat apresiasi dari Ombudsman Perwakilan Malut. Hal ini disampaikan dalam audiensi yang berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Halsel, Kamis (18/9/2025) kemarin.
Kunjungan Ombudsman Malut dipimpin langsung Kepala Perwakilan, Iriani Abd. Kadir, dan diterima oleh Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba bersama Wakil Bupati Helmi Umar Muchsin, Sekda Safiun Radjulan, serta jajaran asisten, staf ahli, dan pimpinan OPD terkait.
Dalam kesempatan itu, Iriani menekankan pentingnya sinergi antara Ombudsman dan pemerintah daerah untuk memperkuat pengawasan serta mencegah praktik maladministrasi. Ia menilai pelayanan publik di Halsel menunjukkan tren positif.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
“Berdasarkan penilaian Ombudsman, pelayanan publik di Halsel dalam dua hingga tiga tahun terakhir berada di zona hijau. Ini mencerminkan kondisi pelayanan yang baik, dan harapannya bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ujar Iriani.
Ia menambahkan, sinergi dapat diperkuat melalui edukasi dan sosialisasi bagi aparatur pelayanan publik, sejalan dengan fokus Pemkab Halsel dalam meningkatkan kualitas layanan hingga ke tingkat desa.
Sementara, Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba menegaskan bahwa Pemkab Halsel terbuka terhadap kritik yang membangun.
“Pemkab Halsel tidak anti kritik. Justru kritik adalah vitamin bagi kami untuk terus membangun Halmahera Selatan menjadi lebih baik,” tegas Bassam.
Ia berharap kerja sama bahwa dengan Ombudsman dapat terus diperkuat untuk memotret sekaligus memperbaiki kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.
“Kolaborasi ini penting agar pelayanan publik di Halsel tidak hanya dipertahankan, tetapi juga semakin inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (*)
Penulis : Ridal Lahani
Editor : Sandin Ar